2008-2009 DATA CONSULT. All rights reserved.
SMART-FREN AKAN MERGER 2012. PT Smart Telecom mengisyaratkan akan merger dengan PT Mobile-8 Telecon Tbk dalam 2 tahun ke depan, menyusul sinergi kerja sama pemasaran bersama antara Smart dan Fren yang sudah dimulai tahun ini. Merger antara Smart dan Fren semakin mengonfirmasi terjadinya konsolidari di industri telekomunikasi. Rencana merger serupa juga terjadi pada unit Flexi milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan Unit Esia milik PT Bakrie Telecom Tbk. Sinergi antara dua emiten itu juga telah disetujui oleh Kementrian  BUMN. Menurut Presiden Komisaris PT Smart Telecom Gandi Sulistiyanto, Smart Telecom yang berada di pita frekuensi 1.900 MHz sangat berkepentingan untuk menjalin merger dengan Mobile-8 yang berada di pita 800 MHz mengingat perangkat customer premises equipment di pita milik Smart susah ditemui di pasar. Gandi menilai aksi merger yang akan dilakukan dengan Mobile-8 sangat memungkinkan, terutama apabila dilihat dari pasar seluler karena tidak menimbulkan monopoli seperti merger antara Esia dan Flexi yang bisa memicu pangsa pasar lebih dari 50%.

HERO DAN CIRCLE K EKSPANSI. Dua perusahaan ritel yakni Group Hero dan PT Circle K Indonesia (Circle K) melanjutkan ekspansi usaha dengan menambah gerai pada tahun ini dan tahun depan. Direktur Group Hero Sugiyanto Wibawa mengatakan akan membuka tujuh supermarket dan satu hipermarket hingga akhir tahun ini dan Hero menyediakan dana Rp 50 - Rp 100 miliar untuk ekspansi hipermarket hingga tutup tahun ini. Pada Januari - September, Hero meraih penjualan sebelum diaudit mencapai Rp 5,68 triliun, tumbuh 14,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan laba bersih sebelum diaudit sebesar Rp 142 miliar, laba ini tumbuh 24,9% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2009. Hingga saat ini, PT Hero Supermarket Tbk telah membuka 24 gerai baru selama 9 bulan pertama 2010, termasuk dua gerai Giant dan tujuh gerai supermarket. Per 30 September 2010, Group Hero telah mengoperasikan 37 gerai Giant, 47 Hero Supermarket, 69 Giant Supermarket, 203 gerai toko kesehatan dan kecantikan Guardian, dan 122 gerai Starmart minimarket.

Sementara itu, PT Circle K Indoneisa (Circle K) menargetkan menambah 50 - 100 outlet baru pada tahun depan yang rencananya dibuka di enam kota besar sebagai salah satu langkah pengembangan bisnis gera ritel tersebut di Tanah Air. Direktur Utama PT Circle K Indonesia Cahyadi Heriantio mengungkapkan gerai Cirle K saat ini telah beroperasi 300 unit di enam kota besar yakni Batam, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Selama ini, Circle K memiliki konsep yang berbeda bila dibandingkan dengan sejumlah minimarket lainnya dan waktu operasinya yang 24 jam. Minimarket yang mulai berkembang di Indonesia sejak 1986 ini menerapkan konsep convenience store, yaitu ritel berkonsep modern yang fokus menjual produk-produk immediate consumption.




PUPUK KALTIM DAN PUSRI GANDENG JORDAN PHOSPATE. PT Pupuk Sriwidjaya dan PT Pupuk Kalimantan Timur menggandeng Jordan Phospate Mine Company, perusahaan tambang fosfat Yordania untuk membangun tiga pabrik pupuk majemuk senilai US$ 900 juta. Direktur Utama Pusri Arifin Tasrif mengatakan 30% pendanaan investasi itu atau sekitar US$ 270 juta berasal dari internal dan 70% dari perbankan. Adapun 30% dana internal akan dibagi rata antara Josdan Phospate dan Pusri serta Pupuk Kaltim, yakni masing-masing US$ 135 juta. Kerja sama tersebut akan membangun tiga pabrik pupuk majemuk atau NPK (nitrogen, fosfat, kalium) dengan kapasitas masing-masing 1 juta ton per tahun. Pabrik itu akan dibangun di Gresik (Jawa Timur), Bontang (Kalimantan Timur), dan Tanjung Api-Api (Sumatra Selatan). Kerja sama pembangunan pabrik NPK itu merupakan perkembangan baru dari kerja sama antara Pupuk Kaltim dan Petrokimia Gresik dengan Jordan Phospate dalam pengadaan bahan baku fosfat karena kepastian suplai fosfat sangat penting untuk mendukung peningkatan produksi dan pemasaran pupuk NPK, menyusul ekspansi Pupuk Kaltim yang mendirikan pabrik NPK di Bontang dan Medan, Sumatra Utara. Selain itu, Pupuk Kaltim menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk menjajaki kerja sama pengadaan bahan baku NPK dengan Jordan Phospate dan bahan baku yang diimpor dari Yordania di antaranya rock Phospate (batu fosfat), kalium chloride (KCL), dan monoammonium Phospate (MAP).

SILVERLINE EKSPANSI RENTAL MOBIL RP 120 MILIAR. PT Prospek Transindo Utama, Perusahaan jasa penyewaan (rental) kendaraan dengan merek Silverline, merencanakan ekspansi untuk penambahan armada sebanyak 600 unit dengan kebutuhan dana sebesar Rp 120 miliar. Melalui penambahan kendaraan baru tersebut, total kendaraan milik perusahaan itu meningkat 1.000 unit menjadi 1.600 unit. Direktur PT Prospek Transindo Utama Yosafat Saputro mengatakan pihaknya secara bertahap terus menambah jumlah armada kendaraan seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap mobil rental oleh para pelanggan, khususnya pelanggan korporat.

ASIA NATUNAL INCAR TAMBANG EMAS DAN TIMAH HITAM. PT Asia Natural Resources Tbk (ANR) siap mengakuisisi tambang emas dan timah hitam tahun ini guna mendongkrak pendapatan. Menurut Direktur Utama PT Asia Natural Resources Tbk Paulus Junanda mengungkapkan saat ini tengah memproses akuisisi dua tambang, yakni tambang emas di Pantar, Alor, Nusa Tenggara Timur dan tambang timah hitam di Locop, Aceh. Tambang emas di Pantar, saat ini dikuasai PT Kajoran Patra Utama memiliki luas sekitar 5.000 hektare dan sudah memiliki IUP eksplorasi. Adapun tambang timah hitam Locp, Aceh dikuasai PT Berkat Ikhtiar Bersama yang memiliki luas sekitar 10.000 hektare. Saat ini, PT Asia Natural Resources Tbk mengelola beberapa tambang antara lain tambang batu bara Binuang (Kalimantan Selatan), tambang nikel di Laburoko da Kabaena Barat (Sulawesi Tenggara), dan tambang mangan di Belu Kupang (Nusa Tenggara Timur)

LIPPO KARAWACI AKUISISI RUMAH SAKIT DI KALIMANTAN TIMUR. PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengakuisisi 79,61% kepemilikan Rumah Sakit Balikpapan Husada di Balikpapan, Kalimantan Timur dengan investasi senilai Rp 231 miliar. Presiden Direktur  Lippo Karawaci Ketut Budi Wijaya mengatakan akuisisi bertujuan menyediakan pelayanan kesehatan bertaraf internasional bagi masyarakat Kalimantan Timur yang selama ini memilih untuk berobat ke Singapura karena ketersediaan fasilitas di Kalimantan Timur masih terbatas. Rumah sakit di Kalimantan Timur ini merupakan rumah sakit keenam yang menjadi bagian dari manajemen dan merek Siloam Hospital. Sehingga nantinya pendapatan dari sektor rumah sakit diperkirakan tumbuh lebih dari 42% pada 2011. Selain itu, pada bulan lalu LPKR telah mengumumkan akuisisi 83% saham rumah sakit Jambi dengan nilai investasi US$ 18 juta dan pada pertengahan Desember berencana membuka Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC). Pada 5 tahun mendatang LPKR akan memfokuskan pada pembangunan sektor rumah sakit dalam skala besar dan sekitar 25 rumah sakit baru nantinya akan ditambahkan dalam jangka waktu lima tahun dengan nilai investasi tiap rumah sakit sebesar US$ 20 juta dan  total investasi yang dikeluarkan oleh perusahaa untuk 20 rumah sakirt mencapai US$ 400 juta. Dengan pembangunan pada sektor rumah sakit ini pada 5 tahun ke depan diharapkan akan meningkatkan aset LPKR menjadi US$ 3,5 miliar.

BRI AKUISISI BANK AGRO RP 330,27 MILIAR. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menyiapkan dana senilai Rp 330,27 miliar untuk mengakuisisi 3,03 miliar lembar saham PT Bank Agroniaga Tbk. Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengatakan proses akuisisi Bank Agro akan dituntaskan paling lambat pada tahun depan. Setelah akuisisi, BRI memiliki 76% saham Bank Agro sedangkan sisanya sebesar 14% masih dimiliki Dana Pensiun Perkebunan serta 10% dimiliki oleh publik. BRI mengakuisisi Bank Agro untuk mengakselerasi penetrasi kredit ke sektor agribisnis. Sedangkan entitas Bank Agro pasca akuisisi didesain menyediakan produk dan jasa perbankan dengan fokus pasar utama pada segmen usaha kecil dan menengah (UKM), khususnya sektor agribisnis. Selain itu, BRI menargetkan pertumbuhan kredit ke sektor pertanian sebesar 27,64% sampai dengan akhir tahun ini. Kredit tersebut disalurkan melalui skema komersial biasa yaitu kredit modal kerja dan kredit investasi.

GAPURAPRIMA AKUISISI 5 MAL. Pengembang properti terintegrasi PT Perdana Gapuraprima Tbk akan menerbitkan saham baru (right issue) pada kuartal II/2011 senilai Rp 700 miliar untuk mengakuisisi lima pusat perbelanjaan di sejumlah kota besar di Indonesia. Adapun lima mal yang akan diakuisisi berlokasi antara lain di Jakarta, Bekasi, Solo, dan Bandung dan nilai akuisisinya ditaksir sama dengan target dana hasil akuisisi yakni Rp 700 miliar dan mal tersebut nantinya akan dikembangkan sebagai trade center. Direktur Perdana Gapuraprima  Arief Aryanto mengatakan, perseroan menganggarkan belanja modal Rp 300 - Rp 500 miliar pada 2011. Dana tersebut akan diambil dari dana internal dan penjaminan perbankan. Selain itu, perseroan juga membidik target laba bersih Rp 100 miliar - Rp 150 miliar atau meningkat sekitar 20% dari target tahun ini dengan asumsi pendapatan perseroan tahun depan mencapai Rp 600 miliar - Rp 700 miliar. Sementara itu, sepanjang 9 bulan pertama, pendapatan Perdana Gapuraprima naik 3,27% menjadi 228,78 miliar dari capaian periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 221, 54 miliar.


MONTHLY REPORT
INDONESIAN COMMERCIAL NEWSLETTER (ICN)
 
BERITA RINGKAS PERUSAHAAN
November 2010
HOME            Laporan Utama          Fokus            Daftar Isi          Berlangganan