2008-2009 DATA CONSULT. All rights reserved.
INDONESIAN COMMERCIAL NEWSLETTER
Juli 2010

PASAR MESIN HITUNG UANG


Mesin hitung uang yang dipasarkan di Indonesia seluruhnya masih berasal dari impor. Saat ini  terdapat 8-10 merek mesin hitung uang yang beredar  dipasaran, antara lain Glory, NCL, Gunnebo, Laurel, Certis, Toshio, Super counter, Cmico, dan Dynamic dengan 3 merek besar yaitu Glory , NCL dan Gunnebo.   

Glory dan NCL di pasarkan oleh perusahaan-perusahaan yang memang fokus pada peralatan/mesin perbankan, Gunnebo dipasarkan oleh  perusahaan yang tidak hanya beroperasi di mesin perbankan, tetapi juga peralatan kantor lain seperti perabot logam dan  produk physical securities seperti lemari besi dan lainnya. 

Gunnebo dipasarkan oleh PT Indolok Bakti Utama yang juga memasarkan berbagai jenis perabot logam seperti file storage system, brankas, pintu khasanah dll.   Certis yang dipasarkan oleh PT Certis Cisco perupakan produk dari perusahaan yang  bidang usaha utamanya adalah dalam security management dan cash transfer, yaitu perusahaan yang melayani sektor perbankan dan  lembaga keuangan lainnya dalam transportasi  uang kas/ barang berharga lainnya. Perusahaan ini juga menjadi penyedia tenaga securities untuk pergantian uang di ATM dll.  PT Datascrip yang menjual berbagai jenis peralatan kantor juga memasarkan mesin hitung uang, akan tetapi kelihatannya mereka tidak memberikan prioritas dalam pemasaran barang-barang tersebut dibanding barang-barang lainnya.

Mesin hitung uang Glory yang  banyak di gunakan di sektor perbankan, dipasarkan di Indonesia melalui 2 authorized distributor mereka yaitu PT Murni Solusindo Nusantara (PT MSN) dan CV Murni.   Kedua authorized distributor ini memiliki jaringan pemasaran masing-masing  dan dapat mengimpor sendiri mesin yang dibutuhkannya.  PT MSN lebih fokus pada total banking solution, sementara CV Murni lebih fokus pada peralatan money handling equipment.  Dari hasil kajian lapangan, CV Murni memiliki jaringan cabang/after sales services yang lebih luas dibanding PT Murni Solusindo Nusantara.

Berikut adalah  jumlah merek mesin hitung uang yang ada di pasar dan jumlah pemasoknya.

Selain dilihat dari dimensi dan berat, spesifikasi mesin hitung uang biasanya diperlihatkan dari kecepatan menghitungnya, holder capacity, jenis mata uang yang bisa dihitung, counter display yang mencakup kemampuannya untuk menampilkan pengecekan (check) jumlah uang tertentu, menghitung uang dalam jumlah bebas(count), menghitung secara akumulasi (add) dan  menghitung uang dengan jumlah sesuai permintaan (batch), dan keberadaan interface agar mesin hitung tersebut bisa terhubung pada komputer atau peralatan yang lain.

Dilihat dari mekanisme operasinya, mesin hitung uang dibedakan antara yang menggunakan mekanisme vacum dan roller friction.  Untuk kategori Vacuum, penghitungan uang dilakukan dengan meletakkan uang pada bagian yang tersedia (tanpa melepas ikatan uang). Penghitungan akan dilakukan dengan sistem vacuum. Setelah penghitungan selesai, jumlah nominal akan tertera pada layar yang tersedia. Dengan mesin ini, penghitungan akan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan leluasa bila dibandingkan dengan sistem friction.  

Tipe MHU jenis portable  disamping menggunakan mekanisme vacuum, juga ada banyak yang menggunakan mekanisme "roller friction" yang lebih ringan.

Mesin hitung uang kertas  - type berdiri (standing)

Yang membedakan produk mesin hitung uang tipe standing  yang satu dengan yang lain, umumnya dilihat dari kapasitas hopper nya, kecepatan menghitung, kemampuan untuk menghitung berbagai ukuran uang kertas, dan feature tambahan seperti  penutup anti debu dan bising, pilihan berbagai kecepatan menghitung, tambahan LED display dsb.

Ada lima merek yang paling populer dipasaran untuk mesin hitung uang kertas tipe berdiri ( standing), dengan 2 merek utama  Glory ( Jepang) dan NCL ( Taiwan).  NCL relatif baru dibanding Glory yang telah ada dipasaran sejak lebih dari  30 tahun yang lalu, sementara NCL kurang dari 10 tahun.  Namun demikian, NCL telah berhasil menguasai pangsa pasar yang cukup besar di sektor perbankan  maupun non-perbankan seperti lembaga keuangan non-bank, perusahaan ritel, money changer dsb.

Dari hasil kajian teknis  ada 4 merek yang direkomendasikan  untuk mesin hitung uang berdiri yaitu Glory, NCL, Gunnebo, Laurel dan Cisco.  Kajian ini mempertimbangkan  11 aspek teknis yang mencakup hal-hall sebagai berikut: 

"        Kapasitas hopper
"        Kecepatan menghitung
"        Bentuk display
"        Uang yang dapat dihitung
"        Jaringan ASS
"        Pengalaman
"        Feature tambahan
Mesin hitung uang kertas - type portable (desktop)

Ada dua tipe mesin hitung uang kertas portable, yaitu yang menggunakan mekanisme vacuum dan  tipe yang menggunakan sistim roller friction. Pada tipe pertama, mekanisme kerja mesin, sama dengan mesin hitung uang yang berdiri  yaitu dengan vacuum  yaitu   penghitungan uang dilakukan dengan meletakkan uang pada bagian yang tersedia (tanpa melepas ikatan uang). Pada tipe roller friction, ikatan uang dilepas, dan uang dimasukan pada mesin hitung.

Mesin hitung uang logam.

Terdapat lima merek mesin hitung uang logam yang banyak terdapat dipasaran yaitu Glory, NCL, Gunnebo, Cisco dan Laurel. Merk tersebut juga memasarkan  mesin hitung uang kertas yang banyak dipakai oleh kalangan perbankan. 
Komponen utama peralatan mesin hitung uang logam  adalah hopper, display, rejected coin box, coin thickness & diameter adjustment knob, dan bag holding tube.

Profil pemasok mesin hitung uang
Karakteristik perusahaan pemasok peralatan mesin hitung uang  berbeda-beda, ada yang mengkhususkan diri pada perdagangan money handling equipment seperti CV Murni dan PT Asia Pacific Sembada,  tetapi ada yang menyediakan rangkaian produk dan jasa yang lebih luas.  PT Murni Solusindo Nusantara dan PT Datindo Infonet Prima, lebih cenderung kepada penawaran produk dan jasa-jasa yang merupakan total banking solution, karena perusahan ini juga menawarkan cash and cheque processing machines and solution, multimedia information delivery system,  mobile payment solution, system integration dll.

PT Indolok Bakti Utama yang mengageni MHU merek Gunnebo, bisnis utamanya adalah dalam pemasaran produk phisical security seperti brankas, pintu khasanah, safe deposit, dan peralatan penyimpanan file tahan api lainnya.  Disamping itu perusahaan ini juga memasarkan perabotan tidak tahan api seperti filing kabinet, lemari kantor,mobile file yang seluruhnya diproduksi oleh perusahaan afiliasinya, PT Chubbsafes Indonesia.  Perusahaan ini merupakan bagian dari Gunnebo group yang berpusat di Swedia.  PT Indolok memasarkan MHU Gunnebo yang diproduksi di Malaysia.

PT Certis Cisco, memiliki karakteristik lain, karena perdagangan banking equipment termasuk mesin hitung uang, merupakan pelengkap jasa security management yang menjadi kegiatan utama.  Kegiatan-kegiatan tersebut adalah  security transports: cash in  transit, ATM cash replinishment, security carrier securities, instalasi dan perawatan sistim keamanan dll. 



See list of contents>>
 
MONTHLY REPORT
INDONESIAN COMMERCIAL NEWSLETTER (ICN)
HOME            Laporan Utama          Fokus            Daftar Isi          Berlangganan