2008-2009 DATA CONSULT. All rights reserved.
INDONESIAN COMMERCIAL NEWSLETTER
Juli 2010

PROSPEK INDUSTRI PERABOTAN LOGAM TAHAN API DI INDONESIA


Pendahuluan

Sejalan dengan pertumbuhan sektor keuangan dan perbankan di Indonesia maka industri penunjangnya juga mengalami pertumbuhan. Salah satunya adalah industri perabot logam tahan api seperti lemari besi (safes), safe deposit box, lemari kabinet tahan api dan pintu khasanah (vault door) yang banyak digunakan untuk operasional kantor bank dan kantor perusahaan multifinance.

Dalam beberapa tahun terakhir industri perbankan di Indonesia meningkat dengan pesat yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah kantor cabang dan kantor pelayanan di seluruh Indonesia. Pada tahun 2005 jumlah kantor bank baru mencapai 11.346 unit dan kemudian meningkat menjadi 17.094 unit pada Juli 2010.

Selain perbankan  dan industri keuangan seperti perusahaan multi finance, dan pegadaian, bidang usaha yang menjadi  pemakai utama perabotan logam tahan api adalah perdaganagn emas, hypermarket, pompa bensin dan usaha perdaganagn eceran yang melibatkan transaksi berupa  uang cash yang besar yang membutuhkan lemari besi untuk kegiatan usahanya. Sektor retail ini juga tumbuh pesat seperti ditunjukkan dengan pesatnya penambahan gerai dari perusahaan ritel.

Tingginya permintaan terhadap produk perabotan logam tahan api  tersebut ditandai dengan makin banyaknya perusahaan lokal yang mulai memproduksi didalam negeri. Industri perabotan logam ini semenjak lima tahun terakhir mulai berkembang pesat baik industri skala besar seperti merk Chubbsafe maupun industri skala menengah. Selain Chubbsafe, produsen dan pemasok lemari besi yang besar diantaranya merk Mosler dan Solingen.

Diperkirakan produksi berbagai perabotanlogam tahan api ini pertahun mencapai lebih dari 30.000 unit per tahun dalam berbagai ukuran. Jumlah produksi terbesar adalah untuk jenis lemari besi yang penggunaannya sangat luas.

Dalam laporan ini akan dibahan pasar perabotan logam tahan api yang meliputi jenis produksi, merk yang beredar, pemasok, dan perkembangan produksi, kebutuhan  dan prospeknya

Jenis perabotan logam tahan api

Perabotan logam tahan api atau juga diklasifikasikan sebagai perabotan logam jenis physical security system terdiri dari beberapa jenis diantaranya lemari besi, pintu kluis (Vault door), safe deposit box (SDB), dan Filing Cabinet tahan api,

Lemari besi merupakan produk perabotan logam tahan api yang paling luas penggunaannya, karena fungsinya sebagai tempat penyimpanan barang  atau dokumen berharga yang tahan api dan tahan bongkar

Dengan semakin banyaknya kegiatan usaha yang melibatkan transaksi dalam bentuk cash yang jumlahnya besar seperti Bank, ritel modern, SPBBU dll, maka semakin banyak dibutuhkan tempat penyimpanan yang aman seperti lemari besi.

Sedangkan penggunaan pintu khasanah/ pintu kluis  umumnya adalah sektor perbankan. Pintu ini merupakan kelengkapan dari ruang khasanah (vault room) di kantor Bank sebagai tempat penyimpanan barang berharga yang jumlahnya besar. Pintu kluis mempunyai persyaratan keamanan yang tinggi karena nilai barang yang dilindunginya juga tinggi.

Umumnya setiap merk menawarkan jenis perabotan logam tahan api dengan range ukuran dan kwalitas yang bervariasi. Perbedaan terletak pada faktor sbb: ukuran dan ketebalan, design konstruksinya, bahan, kwalitas pelindung, mekanisme pengamanan, ketahanan api dan bongkar, kwalitas finishing (cat), dan sertifikasi yang dimiliki, garansi

Merek  dan jenis perabotan logam tahan api yang beredar di Indonesia

Perabot logam jenis physical security system tersebut, umumnya dibuat oleh satu perusahaan yang sama, karena proses produksinya memiliki kesamaan.

Berdasarkan hasil penelitian dilapangan terdapat lebih dari 20 merk lemari besi dan perabotan tahan api yang beredar dipasar diantaranya ada sembilan merek yang cukup populer  yang menawarkan lemari besi yang memiliki standar kualitas yang tinggi untuk keperluan bank dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Perusahaan pemasok peralatan  logam tahan api dan tahan bongkar untuk perbankan  umumnya adalah perusahaan yang memiliki spesialis dibidang itu yang kemudian berkembang kebidang lainnya. Seperti merek Chubbsafe yang juga mulai membuat peralatan kantor biasa bukan tahan api seperti filing cabinet, disamping produk utamanya peralatan keamanan lainnya.

Demikian juga merk Mosler yang spesialis dalam memproduksi perabotan logam tahan api dan mulai membuat  storage system berupa rak untuk gudang.

Sedangkan PT Lion Metal Works dengan merk Lion, PT Datascrip dan PT Tjakrindo Mas sebelumnya  lebih dikenal sebagai produsen peralatan kantor umum aseperti furniture dari metal untuk keperluan kantor. Kemudian, pabrik tersebut membuat juga perabotan tahan api seperti Lion yang sebelumnya hanya membuat filing cabinet biasa kemudian Lion juga memproduksi jenis yang tahan api. Tapi jenis perabot tahan api lainnya tidak diproduksi. Sedangkan PT Tjakrindo Mas di Surabaya kini mulai serius memasuki bisnis perabotan logam tahan api dengan mulai memproduksi lemari besi dll.

Diantara merk lemari besi yang beredar terdapat merk asing yang telah dibuat disini berdasarkan lisensi yaitu Chubbsafe dari Swedia. Chubbsafes merupakan market leader untuk produk lemari besi karena penggunaannya yang luas oleh sektor perbankan dan didukung oleh fasilitas produksi yang modern.

Umumnya pabrik peralatan logam tahan api ini berlokasi di wilayah Jabodetabek dan wilayah Surabaya. Pabrik yuang besar mempunyai agen dan cabang yang luas untuk melayani pemasaran produk diberbagai daerah di Indonesia.

Berikut ini merk utama perabotan logam tahan api dan jenis produk yang dibuat atau dipasarkan

Produsen perabotan logam tahan api dan kapasitas produksinya

Diperkirakan lebih dari 20 perusahaan yang memproduksi lemari besi dan perabotan logam tahan api, tapi umumya kapasitas produksinya kecil. Berdasarkan hasil penelitan dilapangan terdapat enam perusahaan yang relatif besar kapasitasnya dan merupakan market leader.

Industri perabotan logam tahan api terdiri dari industri skala besar dan industri menengah.

Perusahaan pemasok peralatan logam yang banyak memasok  kebutuhan perbankan umumnya perusahaan besar. Chubb, Mosler, Lion dan Datascrip tergolong perusahaan besar yang hampir sekelas, dengan Chubb yang terbesar dibidang pembuatan perabotan logam tahan api, sementara Lion, Tjakrindo Mas dan Datascrip lebih berorientasi membuat perabotan kantor yang umum.

Cassa dan Sergeant Safes relatif lebih kecil namun mereka mempunyai kemampuan untuk membuat  perabot logam tahan api yang customize seperti pintu kluis.

Dari sisi kemampuan PT Chubbsafes Indonesia yang memproduksi Chubbsafes mempunyai kapasitas produksi yang besar untuk  memasok lemari besi dan perabotan logam tahan api yang standar. Perusahaan dengan lisensi dari Chubb, Swiss ini mempunyai pabrik yang cukup modern di kawasan Industri MM2100 Cibitung,  Bekasi yang dilengkapi alat-alat dan mesin perkakas yang computerized. Kapasitas produksi pembuatan lemari besi mencapai 30 unit per hari atau 600 unit per bulan. Selain lemari besi perusahaan ini juga membuat pintu kluis dan safe deposit box , alat pemadam kebakaran dll.

Untuk barang yang dibuat secara pesanan seperti pintu kluis, kemampuan produksi pabrik berbeda tergantung spesialisasi dari perusahaan tersebut . Misalnya PT Aneka Star yang memproduksi merk Mosler lebih  dikenal untuk pintu kluisnya, sehingga produksi pintu kluis relatif cukup banyak dibanding pabrik lain. Walaupun pabrik besar lain juga mampu memproduksi dalam jumlah besar seperti Chubbsafes namun kemampuan dan kesiapan Mosler untuk membuat pintu kluis pesanan relatif lebih besar, karena relatif produksi pintu kluisnya lebih kontinyu dibanding pabrik lain.


PT Cakrindo Mas yang memproduksi lemari besi merk Brilliantsafes, mempunyai kapasitas produksi lemari besi yang cukup besar, namun pabrik ini belum berproduksi dengan kapasitas maksimumnya karena sebenarnya perusahaan ini lebih dikenal sebagai perusahaan pembuat peralatan logam untuk kantor seperti lemari arsip, dan furniture logam.

Melihat pasar yang bagus dari produk tahan api terutama lemari besi, dalam tiga tahun terakhir ini banyak perusahaan yang sebelumnya membuat peralatan logam untuk kantor juga mulai membuat perabotan tahan api. Demikian juga banyak investor  baru yang mulai memproduksi perabotan rumah tangga.

Perkembangan produksi

Kapasitas produksi industri perabotan logam tahan api diperkirakan mencapai 50.000 unit per tahun. Produksi terbesar terutama untuk jenis lemari besi. Sedangkan kapasitas produksi untuk pembuatan pintu klusi (Vault door) sekitar  2000 - 3000 unit per tahun.

Produksi lemari besi secara keseluruhan diperkirakan mencapai 36.000 unit pada tahun 2008 dan menurun menjadi sekitar  25000 unit tahun 2009 sebagai dampak krisis finansial global yang menyebabkan menurunnya permintaan. Pada tahun 2010 produksi diperkirakan naik kembali ketingkat seperti tahun 2008.

Industri ini mampu bertahan terhadap krisis, bahkan meningkat karena berkembangnya industri pemakai perabotan logam tahan api. Selain sektor perbankan maka perusahaan ritel juga banyak yang menjadi pemakai lemari besi.

Spesifikasi Teknis - Lemari besi (Brandkast)
       
Spesifikasi lemari besi yang  ditawarkan bervariasi, bergantung kepada  ukuran dan tingkat keamanan yaitu kemampuan tahan bongkar dan tahan api yang ditawarkan. Umumnya spesifikasi lemari besi untuk keperluan bank merupakan lemari besi dengan spesifikasi yang paling tinggi.

Ada beberapa faktor dari aspek teknis yang perlu diperhatikan dalam proses pemilihan Lemari besi (brandkast)  yaitu:

"        Ukuran ( dimensi)
"        Design dan konstruksi
"        Bahan (jenis dan kualitas mateial)
"        Jenis kunci dan Mekanisme pengamanan
"        Proses pembuatan
"        Cat / Finishing
"        Ketahanan api
"        Ketahanan bongkar
"        Sertifikasi
"        Garansi

Jenis dan ukuran Lemari Besi
Pemakaian brandkast untuk bank biasanya adalah jenis brandkast dengan tingkat pengamanan tinggi baik terhadap bongkar maupun kebakaran......

See list of contents>>
 
MONTHLY REPORT
INDONESIAN COMMERCIAL NEWSLETTER (ICN)
HOME            Laporan Utama          Fokus            Daftar Isi          Berlangganan