2008-2009 DATA CONSULT. All rights reserved.
LAPORAN MARKET INTELLIGENCE

PERANAN AGEN TUNGGAL ALAT BERAT

Juni 2010

Sistim Distribusi

Pemasaran dari berbagai merk alat berat dilakukan melalui agen tunggal yang ditunjuk oleh prinsipalnya. Sebelumnya keagenan ini diwajibkan karena perusahaan asing dilarang bergerak dibidang perdagangan  distribusi dan eceran. Sehingga perusahaan asing harus menunjuk perusahaan lokal untuk menjadi distributornya. Demikian juga perusahaan yang telah memproduksi alat beratnya di Indonesia juga harus menunjuk perusahaan lokal sebagai agennya.

Namun semenjak pertengahan tahun 1990’an pemerintah mengeluarkan paket deregulasi investasi yang memungkinkan perusahaan asing menjual sendiri produknya didalam negeri. Walaupun sekarang perusahaan asing bisa memasarkan sendiri, namun dalam kenyataannya mereka tetap mempertahankan sistim distribusi yang sudah dibangunnya dengan tetap melaksanakan penjualan alatberatnya melalui agen tunggal.

Agen tunggal untuk alat berat merk Komatsu adalah PT United Tractors, sedangkan merk  Caterpillar adalah PT Trakindo  dan merk Hitachi adalah PT Hexindo Adiperkasa.

Alat berat yang masih belum diproduksi seperti Kobelco, Volvo, Case, dll. Impornya dilakukan oleh agen tunggal merk trsebut 

Peranan setiap agen dalam penjualan alat berat berbeda-beda, tergantung kontrak kerjasama yang mereka buat.

Caterpillar selama ini terkenal sangat ketat dalam mengatur penjualan alat berat di Indonesia melalui agen tunggalnya yaitu PT Trakindo Utama.  Penjualan unit alat berat dan suku cadang dari Caterpillar di Indonesia hanya dilakukan oleh PT Trakindo Utama dan kantor cabangnya diberbagai daerah. Hampir tidak ada celah bagi pedagang selain PT Trakindo untuk menjual unit alat berat dan spare part dari Caterpillar. Perusahaan ini diproteksi oleh prinsipalnya sehingga pedagang dari Singapore tidak bisa membeli suku cadang Caterpillar dari agen di Singapore untuk dipakai di Indonesia.

PT United Tractors juga ditunjuk sebagai agen tunggal alat berat  di Indonesia dari Komatsu. Namun Komatsu tidak begitu ketat dalam mengontrol penjualan suku cadang dari unit alat berat Komatsu di Indonesia. Pedagang di Singapura mungkin untuk membeli sparepart dari depo milik Komatsu di Singapore untuk di jual di Indonesia. Walaupun tidak secara explisit ijin itu diberikan, namun dalam kenyataannya spare parts Komatsu lebih mudah didapatkan di Singapore untuk dijual di Indonesia. Demikian juga di Indonesia banyak pedagang suku cadang alat berat yang menjual suku cadang Komatsu secara bebas.

Perbedaan dari komitmen prinsipal ini menyebabkan perbedaan dalam penanganan penjualan unit alat berat tersebut. Salah satu faktor yang penting dalam penjaulan unit alat berat adalah after sales service termasuk maintenance dan penyediaan suku cadang. Dengan aturan main yang cukup ketat dalam distribusi suku cadang, maka kebanyakan unit alat berat Caterpillar dijual beserta pelayanan purna jual dan kontrak pengadaan suku cadang. Sementara UT mulai mendapat saingan dari pedagang suku cadang independen yang juga bisa melayani penyediaan suku cadang Komatsu.  

Merk lainnya seperti Kobelco, lebih longgar lagi, karena pembeli mungkin untuk memperoleh unit alat berat Kobelco dari luar Indonesia untuk dipakai di Indonesia tanpa melalui agen tunggal Kobelco di Indonesia .

Profiles Of Heavy Equipment Sole Agents

PT United Tractors Tbk.

Latar belakang
United Tractors (UT/Perseroan) berdiri pada tanggal 13 Oktober 1972 sebagai distributor tunggal alat berat Komatsu di Indonesia. Pada tanggal 19 September 1989, Perseroan mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya dengan kode perdagangan UNTR, dimana PT Astra International menjadi pemegang saham mayoritas. Selain dikenal sebagai distributor alat berat terkemuka di Indonesia, Perseroan juga aktif bergerak di bidang kontraktor penambangan dan bidang pertambangan batu bara. Ketiga unit usaha ini dikenal dengan sebutan Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan dan Pertambangan.

Unit usaha Mesin Konstruksi menjalankan peran sebagai distributor tunggal alat berat Komatsu, Nissan Diesel, Scania, Bomag, Valmet dan Tadano. Dengan rentang ragam produk yang diageninya, Perseroan mampu memenuhi seluruh kebutuhan alat berat di sektor-sektor utama di dalam negeri, yakni pertambangan, perkebunan, konstruksi, kehutanan, material handling dan transportasi. Layanan purna jual kepada seluruh pelanggan di dalam negeri tersedia melalui jaringan distribusi yang tersebar pada 18 kantor cabang, 15 kantor site-support dan 12 kantor perwakilan.

Unit usaha ini juga didukung oleh anak-anak perusahaan yang menyediakan produk dan jasa terkait, yaitu PT United Tractors Pandu Engineering (UTPE), PT Komatsu Remanufacturing Asia (KRA)  PT Bina Pertiwi (BP) dan PT Multi Prima Universal (MPU). 

PT TRAKINDO UTAMA

PT Trakindo Utama adalah agen tunggal produk Caterpillar di Indonesia yang terdiri dari berbagai peralatan dan mesin pertambangan, kehutanan, pertanian dan kostruksi, diesen dan mesin-mesin lainnya

Jenis peralatan yang diproduksi Caterpillar meliputi articulated trucks, backhoe loaders, compactors, excavators, integrated tool carriers, material handlers, motor graders, multi terrain loaders, off-highway trucks, off-highway tractors, pipe layers, scrapers, skid steer loaders, telehandlers, track-type tractors, track loaders, wheel dozers, underground mining equipment, paving equipment, forest machines, dan industrial prime movers. 

PT TRAKINDO UTAMA didirikan tahun 1970 oleh pemiliknya yaitu AHK Hamami dan kemudian menjadi agen tunggal Caterpillar pada tahun 1971. Perusahaan tersebut sekarang telah memiliki 69 cabang  dari Sumatera hingga Papua untuk mendukung pelayanan purna jual dan pelayanan lainnya bagi pengguna Caterpillar....



 
MONTHLY REPORT
INDONESIAN COMMERCIAL NEWSLETTER (ICN)
Topik Terkait

ICN -Juni 2010

FOKUS: DILEMA NILAI TUKAR RUPIAH YANG KUAT

PROFIL INDUSTRI: INDUSTRI ALAT BERAT DI INDONESIA
  • Pendahuluan
  • Jenis alat berat
  • Produsen Alat berat di Indonesia
  • Produksi menurut Jenis
  • Investasi Baru
  • Impor alat berat
  • Ekspor alat berat
  • Penjualan Alat Berat Kembali Meningkat Pada Tahun 2010
  • Pasar alat berat menurut jenis
  • Komatsu Masih Yang Terbesar
  • Karakteristik Pemakai Alat Berat
  • Karakteristik pemakai alat berat berdasarkan skala usaha
  • Perubahan dalam karakteristik Pemakai alat berat
  • Perkiraan kebutuhan alat berat menurut sektor
  • Harga
  • Prospek pasar alat berat di Indonesia
  • Kesimpulan


PERDAGANGAN : PERANAN AGEN TUNGGAL ALAT BERAT 33




HOME            Laporan Utama          Fokus            Daftar Isi          Berlangganan